Cara Menghilangkan Grogi atau Demam Panggung

1 710

Perasaan grogi saat tampil atau sering disebut juga demam panggung sebenarnya adalah hal yang wajar di alami oleh setiap orang, terlebih jika kita dihadapkan pada situasi dan kondisi yang baru. Biasanya timbul rasa gugup, gemetar, tiba tiba kebelet buang air, dag dig dug di dada atau keluar keringat dingin saat Anda diminta tampil. Lalu magaimana mengatasinya? Berikut beberapa tips yang dapat Anda praktikkan untuk mengatasinya

1. Persiapan

Salah satu penyebab rasa takut atau grogi adalah kurangnya persiapan. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah: Ketahui siapa audiens nya, latar belakang pekerjaan, pendidikan, usia, jenis kelamin, jumlahnya, dan dalam acara apa Anda diminta untuk bicara. Selanjutnya siapkanlah apa yang akan anda bicarakan, bacalah buku buku, kumpulkan data, lalu pelajari dan berlatihlah untuk menyampaikannya. Anda dapat membuat alat bantu seperti slide materi atau keywords card untuk membantu Anda mengingat apa yang akan Anda sampaikan.

Datanglah lebih awal di tempat acara untuk melihat setting acara. Cobalah alat alat yang akan Anda gunakan untuk melakukan presentasi seperti laptop, LCD, sound System  dll, pastikan semuanya dalam kondisi OK, ini akan membantu Anda untuk menguasai panggung.  Siapkan diri Anda untuk hal hal yang tidak terduga seperti mati listrik misalnya, berkomunikasilah dengan penyelenggara sebelum pelaksanaan acara bagaimana menghadapi kemungkinan tersebut, terlebih jika Anda harus bicara di hadapan audiens yang jumlahnya banyak dan ruangannya besar.

2. Setting Mindset

Perasaan grogi seringkali muncul karena ketakutan ketakutan yang kita ciptakan sendiri dalam pikiran kita sehingga memunculkan hal hal negatif. Kabar baiknya kita dapat mengendalikan perasaan tersebut dengan mengubah cara kita berpikir. Ada sebuah pribahasa yang mengatakan, “Anda bukan apa yang Anda pikirkan, tetapi apa yang Anda pikirkan… adalah Anda”. Yakinlah setiap orang memiliki kelebihan dan keunggulan termasuk diri Anda, syukuri dan gunakan hal itu untuk memberi manfaat bagi orang orang yang ada di sekitar kita. Penuhi pikiran Anda dengan pikiran pikiran positif bahwa apa yang akan Anda sampaikan akan memberikan dampak yang baik bagi kehidupan orang orang yang mendengarkannya. Tugas kita adalah berusaha memberikan yang terbaik, hasilnya kita serahkan pada Tuhan.

3. Buat Diri Anda Relaks

Seorang Associated Professor Harvard Business School di bidang penelitian sosial yang bernama Amy Cuddy mengatakan bahwa sikap tubuh seseorang saat berdiri maupun duduk bisa mempengaruhi perasaan terhadap dirinya sendiri. Saat Anda grogi hindarilah posisi tubuh yang menunduk atau lesu karena itu akan memperburuk keadaan. Berdiri atau duduklah dalam posisi yang tegap tapi tetap rileks. Aturlah nafas Anda agar suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh Anda mencukupi, gunakan pernafasan perut karena pernafasan perut bisa lebih banyak mengambil oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh, atur irama nafas Anda senyaman mungkin.

Fokuslah pada orang orang yang tampak menyimak dan memperhatikan Anda, ini akan meningkatkan percaya diri Anda. Hindari posisi berdiri tegang, bergeraklah, gunakan bahasa tubuh yang sesuai dengan apa yang Anda katakan/presentasikan.

4. Berdoa

Berdoalah sebelum tampil agar apa yang akan Anda lakukan dimudahkan oleh Allah SWT. Ada satu doa yang diajarkan oleh nabi Musa, doa yang beliau panjatkan saat hendak berdakwah kepada kaumnya. Do’a ini berisi permintaan pada Allah agar dimudahkan dalam ucapan serta agar apa yang kita ucapkan mudah difahami oleh orang lain. ‘Robbisrohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii’ (Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”) – QS. Thaahaa: 25-28

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.