Berpikir dan Menjadi Pintar

1 71

Ilmuwan dan dokter percaya bahwa jumlah neuron, sel, dan jalur saraf di otak tidak akan berubah sejak kita lahir. Jadi, kita harus menggunakannya, atau kehilangan fungsinya. Otak terdiri dari empat lobus utama, struktur berlipat di dalam lobus, belahan kiri dan kanan, jaringan komunikasi yang rumit, dan lebih dari 100 miliar sel saraf.

Berita baiknya, dalam tahun-tahun terakhir ini komunitas riset ilmiah menemukan proses yang disebut neuroplastisitas. Artinya, jalur komunikasi saraf dan sel-sel saraf di otak terus berkembang seumur hidup. Proses ini makin melambat seiring usia, tetapi tidak berhenti sepenuhnya seperti yang kita yakini sebelumnya. Anda dapat merangsang pertumbuhan sel dan jalur saraf baru dengan meningkatkan kemampuan berpikir dan fungsi otak secara keseluruhan.

Otak semacam otot, ketika dia tidak pernah dipakai dia akan menjadi semakin lemah. Otak menjadi semakin lemah ketika pemiliknya tidak menggunakannya dengan baik dan tidak melatihnya. Sebagai contohnya mereka yang memiliki penyakit alzeimer akan semakin rapuh ketika tidak melatih otaknya bekerja. Karena itu mereka yang ada di usia senja diharapkan melatih otak mereka agar mereka dengan berbagai aktivitas yang melatih otak mereka Otak yang semakin sering digunakan adalah seperti otot, dia menjadi kuat dan terlatih.

Dikatakan bahwa otak yang terlatih memiliki lebih banyak kerutan-kerutan. DI dalamnya juga lebih banyak sambungan sambungan. Karena itulah otak yang terlatih tentu saja lebih mahal dari otak yang tidak terlatih. Di dalam otak yang terlatih sudah ada banyak jaringan-jaringan neuron yang ada karena sering digunakan untuk berfikir.

Leave A Reply

Your email address will not be published.